Selasa, 29 Mei 2018

Komponen HP

https://tempatservicehpdibandarlampung.blogspot.com/ Kursus & Service HP Terbaik Di Indonesia ( Pusat Teknisi Di Indonesia ) Kontak : 081366574266 Alamat Kantor Pusat : Jalan Bumi Sari Natar Gang Bima Ruko Orange   www.lampungservice.com, android,iphone , xiaomi, asus, vivo , oppo , lenovo, casio , backberry, nokia, indonesia, unlock, icloud ,root, window , os, Kursus, Service, Handphone, Phones,   Mengenal banyak jenis Komponen HP , Android iPhone OPPO VIVO SAMSUNG XIAOMI LENOVO IPHONE LG ASUS KTouch, Hitech, MyG, IMO, eTouch, Taxco, Beyond, Startech, Asiaphone, Mito, Mixcon, Tocall, S-Nexian, Cross Polytron, Axioo, Mito, IMO, Cross, Nexian, Tiphone Sony, Panasonic, Toshiba, Sharp, Kyocera, DoCoMo, Casio K-Touch, Huawei, Haier, G-Tide, Lenovo, Oppo, ZTE Acer, Asus, HTC, ben Q, Samsung, LG






























, Apple , iPhone, Motorolla , RIM, Blackberry, Nokia Siemens ,Alcatel, Sagem, Philips,Vertu Ti ,Ninetology, CSL Blueberry ,Micxon, OliveSmart, Idea Kursus Service HPOPPO VIVO SAMSUNG XIAOMI LENOVO IPHONE LG ASUS KTouch, Hitech, MyG, IMO, eTouch, Taxco, Beyond, Startech, Asiaphone, Mito, Mixcon, Tocall, S-Nexian, Cross Polytron, Axioo, Mito, IMO, Cross, Nexian, Tiphone Sony, Panasonic, Toshiba, Sharp, Kyocera, DoCoMo, Casio K-Touch, Huawei, Haier, G-Tide, Lenovo, Oppo, ZTE Acer, Asus, HTC, ben Q, Samsung, LG , Apple , iPhone, Motorolla , RIM, Blackberry, Nokia Siemens ,Alcatel, Sagem, Philips,Vertu Ti ,Ninetology, CSL Blueberry ,Micxon, OliveSmart, Idea.

 jika melihat banyaknya komponen yang terletak pada papan PCB Point Circuit Board Maka Akan Dapat di pastikan beberaa macam komponen yang banyak sekali fungsinya Komponen HP ini Memiliki Banyak Fungsi Antara Lain Fungsi Untuk Melakukan Beberapa Hal yang dapat menjalankan beberapa aktifitas dari handphone ponsel itu sendiri. tips trik tutorial online forum memperbaiki mengganti mengatasi Service slot Memory card di bandar lampung Service Slot Memory Card Tidak Terbaca Rusak Kena Air Error Jaringan Tidak Terbaca Patah Kuningan lepas Utara Selatan Barat Timur Tengah Metro Natar Pesawaran Tanjung Karang Teknisi Ponsel Indonesia.



Kedaton Pahoman Way halim kota bumi krui bandar jaya metro gedong tataan tegineneng teluk betung panjang ratu langi labuhan ratu enggal sukarame sidomulyo tulang bawang blambangan umpu. Bagaimana ketika menemukan kerusakan pada handphone android iphone black berry nokia samsung oppo vivo asus acer xiaomi lg sony panasonic polytron dll Service Hp Bandar Lampung

Sepeti dapat dilihat beberapa tatak letak komponen yang perlu diperhatikan berikut ini : Kursus Service HP Service HP Bandar Lampung

 pada gambar ini adalah PCB Bagian Bawah Dari Circuit Board perlu di perhatikan dalam bahasa inggrisnya adalah bottom posisi bagian penempetan komponen di PCB pada merk handphone ponsek saat ini di bahas mengenai PCB OPPO
Dapat diketahui banyaknya komponen yang bisa  dilihat pada bagian PCB bagian Bawah oppo tersebut masing masing komponen memiliki fungsi tersendiri untuk menjalankan tugasnya akan dibahas pada postingan dibawah selanjutnya.

Lalu bagian atas PCB itu apa Saja , Bagian Atas PCB sama Halnya dengan bagian penempatan PCB bawah seperti gambar dibawah ini :




Namun bagaimana dengan fungsi fungsinya, sekarang kita akan mencoba melihat beberapa fungsi komponen pada hp itu sendiri antara lain sebagai berikut :


    Rangkaian Transmisi(Tx)


adalah rangkaian yang berfungsi untuk mentransmisikan/mengirimkan sinyal radio ke operator. Dalam rangkaian ini terdapat TX Filter, RF power amp, ANT switch, dll.

    Rangkaian Receiver(Rx)

berfungsi untuk menerima sinyal dan penyaring sinyal yang diterima ponsel dari BTS. Dalam rangkaian ini terdapat Frequency Synthesizer, RX-VCO, dan Intermediate Frequency(IF) Module.

    IC power supply

berfungsi untuk menyediakan daya pada seluruh komponen yang ada di handphone, sesuai dengan kebutuhan daya masing-masing komponen. IC ini juga memiliki fitur automatic charging, dan memutus aliran listrik ke baterai ketika baterai sudah full charge. Kebutuhan daya pada masing-masing bagian diatur menggunakan sinyal PWM.


  IC Power Amplifier

Berfungsi sebagai penguat sinyal dan pengirim data ke operator yang menandakan bahwa nomor ringtone telah aktif. Berfungsi juga sebagai power transmit, yakni mengirimkan energi gelombang elektromagnetik ke operator sekaligus mengunci agar tetap tersambung. IC ini bekerja saat handphone dihidupkan dan saat melakukan panggilan. IC ini membutuhkan daya yang besar untuk menguatkan sinyal.

    Antena

berfungsi untuk menangkap gelombang radio yang dipancarkan oleh operator.

        Switch antena(duplexer)

berfungsi sebagai pengirim dan penerima gelombang elektromagnetik. Dengan teknologi full duplexer berupa switch antena pada handphone, kita dapat melakukan komunikasi dua arah. Duplexer merupakan penyesuai antara antena dan RF/PA.

        IF IC(RF Processor)

Merupakan komponen pengolah sinyal yang masuk atau yang keluar dan memperkuat sinyal pada selisih frekuensi. Fungsi lain IF IC adalah sebagai mikser dan detektor. Sebagai mikser, IF IC mencampurkan sinyal operator dengan sinyal ponsel. Sebagai detektor, IF IC memangkas sinyal pembawa dan sinyal audio yang kemudian dialirkan ke IC audio sehingga terjadi selisih. Selisih tersebut diperkuat oleh IF IC sebagai detektor untuk memangkas sinyal pembawa dan sinyal audio yang kemudian dialirkan ke IC audio. Jika komponen ini rusak, ponsel tidak dapat menerima sinyal.

    IC audio

Berfungsi memperbesar gelombang suara serta mengubah getaran dari digital ke analog atau sebaliknya. Fungsi IC audio adalah sebagai Pulse Code Modulation(PCM). Kerusakan pada IC audio dapat menyebabkan suara menjadi kecil.

KOMPONEN PROCESSOR

    Central Processing Unit(CPU)

    Merupakan pusat pengolahan data untuk menginstruksikan proses penyimpanan data ke memory. CPU bertugas untuk mengendalikan seluruh perangkat yang ada, dan memerintahkan perangkat spesifik untuk bekerja berdasarkan dengan instruksi yang tersimpan dalam memori atau via input user.

    EEPROM(Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)
    Merupakan IC memori yang berisi data sistem operasi hp seperti program pada ponsel yang berisi gambar grafik, logo, dan nada dering.

    Random Access Memory(RAM)
    Merupakan IC memory yang digunakan CPU untuk menyimpan instruksi dan data. RAM bersifat volatile yaitu jika aliran listriknya putus maka data yang ada di dalamnya akan hilang.

    Digital Signal Processor
    Merupakan IC yang dirancang khusus untuk mengolah sinyal digital ke analog maupun dari sinyal analog ke digital.

    Multimode Adaptor(MMA) atau User Interface(UI)
    Merupakan IC yang mengatur komponen lain untuk berhubungan dengan output hp seperti buzzer/ringer, lampu, dan vibra(motor).

    Flash ROM
    Merupakan IC memori berisi data yang dapat diisi ulang dengan bantuan program komputer seperti ROM dan EEPROM. Data ini tetap ada walaupun hp dalam keadaan mati.

    26 MHz Crystal Oscillator(Frequency Shynthesizer)
    Merupakan IC pembangkit sinyal frrekuensi di ponsel agar ponsel dapat menerima dan mentransmisikan data.

KOMPONEN INPUT

    Keypad
    Komponen masukan untuk membuat kombinasi alphanumeric yang tersambung ke CPU. Berfungsi membangkitkan getaran dual tonemulty frequency yang merupakan kode digital alphanumeric berupa huruf, angka, dan tanda baca. Sinyal tersebut merupakan terjemahan yang berdasarkan standar kode ASCII.

    Mikrofon
    Alat input untuk memasukkan suara ke dalam handphone. Bekerja dengan cara mengubah getaran suara menjadi getaran listrik audio analog. Sinyal analog selanjutnya diubah menjadi sinyal digital audio oleh Digital Signal Processor(DSP).

    Kamera

  Sensor optik yang menangkap gambar atau objek untuk kemudian diolah oleh bagian rangkaian dan diteruskan ke handphone.

    VCO
    Merupakan IC yang berguna pada proses penerimaan sinyal dari operator. Bila IC ini rusak, penerimaan sinyal akan mengalami kegagalan.

KOMPONEN OUTPUT

    Ear Piece
    Berfungsi untuk mengubah getaran audio analog dari Digital Signal Processor(DSP) menjadi getaran udara yang akan terdengar sebagai suara.

    LCD
    Output yang mengubah sinyal SAN dan SGR menjadi gambar dan tulisan sebagai media untuk baca dan tulis. LCD juga berfungsi menampilkan tulisan, gambar, indikator baterai (penuh atau tidak), dan indikator sinyal.


Buzzer
    Komponen penghasil ringtone atau alat speaker yang mengubah sinyal nada dering menjadi getaran udara yang terdengar sebagai suara melodi atau musik. Nada dering ini berasal dari MMA pada CPU yang diambil dari RAM.

    Vibrator
    Merupakan motor atau dinamo yang berputar dan menghasilkan getaran mekanik. Getaran mekanik ini akan terasa pada saraf kulit manusia.

KOMPONEN INPUT-OUTPUT

    konektor sim card
    merupakan tempat untuk terhubungnya sim card dengan PCB pada ponsel.

    Infra Red(IR)
    fungsinya menghubungkan hp dengan komponen lain sebagai jembatan data melalui media sinar infra merah.

    Bluetooth
    komponen yang fungsinya sama dengan infra merah, tetapi menggunakan gelombang radio yang berbentuk gigi gergaji sebagai medianya


Kursus & Service HP Terbaik Di Indonesia ( Pusat Teknisi Di Indonesia ) Kontak : 081366574266 Alamat Kantor Pusat : Jalan Bumi Sari Natar Gang Bima Ruko Orange


→  HP Berhenti Di Logo

→ Unlock iCloud iPhone

→ Flashing All Merk HP iPhone Android

→ Ganti IC Power

→ Sinyal Hilang

→ Ganti IC Emmc

→ Ringtone Tidak ada Suara

→ Speaker Tidak ada Suara

→ USB Charger Tidak Berfungsi Saat Cas Tidak Terhubung



Tombol Power Tidak Dapat Berfungsi

→ Keypad Tidak Dapat Berfungsi

→ Tombol UP dan Down Volume Tidak Berfungsi

→ Tombol Home Tidak Berfungsi

→ SIM Card Tidak Terditeksi

→ Miscro SD Card Tidak Terditeksi

→ IC pada Hp lemah dan tidak berfungsi.
→ Flashing Rom Dari Rom Abal-abal Ke Global/Resmi ( Untuk Hp Xiaomi )
→ Stuck Di Logo Android/Ios ( software )
→ Upgrade/Downgrade ( Android )
→ Upgrade/Downgrade ( Ios )
→ Pasang Custom Rom ( Android )


→ dll