Sabtu, 12 Maret 2016

Batu Aquamarine

aquamarine paling bagus dan berkualitas yang pernah ditemukan. Di tahun 1906, putri presiden Amerika Theodore Roosevelt diberikan batu aquamarine sebagai hadiah dan sejak itu batu aquamarine ini dikatakan telah meningkat kepopularitasannya.
Dengan teknologi yang canggih pada zaman ini sekarang orang-orang dapat membuat batu sintetis aquamarine dari bahan yang sama dengan aslinya yaitu beryl namun mereka dapat dibedakan dengan mudah.
Aquamarine yang asli terasa dingin jika disentuh sedangkan yang palsu tidak, semua batu aquamarine yang asli akan mengambang jika dimasukkan ke dalam cairan bromoform sedangkan yang palsu akan tenggelam. Hal ini berbeda untuk menguji batu topaz yang disebut asli jika batu topaz tersebut tenggelam di cairan bromoform.
Bagi anda yang ingin membeli batu aquamarine perlu berhati-hati karena batu topaz yang berwarna biru muda sering dijual sebagai batu aquamarine karena mereka sangat mirip. Batu topaz dan batu aquamarine jelas-jelas merupakan dua mineral yang berbeda. Topaz berasal dari kristal arthorhombic sedangkan aquamarine (atau batu beryl) berasal dari keluarga kristal hexagonal. Fisik properti dari kedua batu ini amat serupa namun salah satu perbedaannya terletak pada properti refraksi mereka, topaz memiliki refraksi yang lebih kuat dibandingkan dengan batu biru laut.
Komposisi dan kekerasannya juga jelas berbeda. Kadang para penjual yang tidak bertanggung jawab juga sering menggunakan batu zircon biru yang telah melalui proses pemanasan untuk merombak warnanya dan menjualnya sebagai batu aquamarine.
Batu-batu serupa lainnya adalah batu spinel biru dan indicolite tourmaline. Maka dari itu sangatlah penting untuk membeli batu biru laut atau batu permata lainnya dari sumber yang terpercaya.